Header Ads

Tips Agar Cepat Hamil Bagi Anda yang Haid Tidak Teratur



Tidak sedikit wanita yang cemas dengan kesuburannya ketika memiliki siklus haid yang tak teratur. Padahal, hal tersebut bisa dihindari  dengan cara pola hidup sehat.

Lavanya Kiran, ahli kandungan di Narayana Group of Hospitals dan Anil Prakash, konsultan di MMG District Hospital, Ghaziabad, memberikan beberapa tips agar kemungkinan untuk pembuahan lebih besar pada mereka yang mengalami haid tidak teratur.   


1. Pola makan seimbang
Kebanyakan masalah kesuburan berhubungan dengan suplemen multivitamin dan nutrisi yang diasup. Pilihlah pola makan yang sehat. Vitamin dan asam folat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Beberapa makanan seperti sayuran, kubis, pisang, kacang kedelai, tomat, dan buah-buahan kering juga baik untuk kesehatan reproduksi.

2. Aktivitas fisik
Olahraga rutin baik untuk kesehatan, namun akan lebih besar manfaatnya jika Anda sedang berusaha hamil. Aktivitas fisik sedang seperti jalan santai, yoga, dan bersepeda membantu mengurangi ketidak seimbangan hormonal yang merupakan penyebab siklus tidak teratur. Bagi Anda yang kelebihan berat badan, mengurangi 5 persen dari berat badan dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

3. Menghitung hari subur
Karena kesempatan untuk hamil hanya beberapa hari dalam satu siklus, hitunglah kapan waktu subur Anda. Namun, bagi Anda yang tidak lancar dalam haid, cukup sulit untuk mengetahui tanggal pasti ovulasi karena tidak selalu sama tiap bulan. Cobalah gunakan monitor kesuburan yang bisa mendeteksi hormon estrogen dan luteinisasi dalam urin.

4. Jauhi stres
Stres dan kurang tidur dapat mengacaukan siklus haid karena ada hubungan kuat antara emosional dengan siklus. Olah karena itu, lakukan beberapa relaksasi seperti meditaso dan yoga.

5. Rutin berhubungan seksual
Banyak orang menyarankan untuk lebih sering berhubungan seksual jika ingin segera hamil. Padahal, hal itu juga tidak ideal. Berhubungan seksual selama lima-enam hari selama masa subur adalah waktu yang tepat.

6. Konsultasi ke dokter
Jika Anda telah mencoba selama sembilan bulan dan masih belum berhasil, cobalah konsultasikan dengan ahli kandungan untuk mengevaluasi penyebab haid mengapa tidak lancar.


Semoga Bermanfaat Informasi yang kami Dapat dan menbantu anda.

Tidak ada komentar